Sukses

Aktor Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan menuju Indonesia merdeka bukan sebatas urusan melawan penjajah. Tapi juga upaya meramu pendapat demi persatuan semua golongan rakyat Indonesia.

"Saya menghadapi pihak pemuda, pemimpin tua dan pemimpin agama," kata Soekarno ketika berdebat dengan para pemuda yang mendesak kemerdekaan Indonesia segera diumumkan, 15 Agustus 1945 silam.

Perdebatan pun berujung dengan diculiknya Soekarno beserta Mohammad Hatta oleh kalangan pemuda. Mereka membawa dua bapak bangsa itu ke Rengasdengklok, 16 Agustus 1945. Namun akhirnya dikembalikan ke Jakarta setelah sepakat untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Di Jakarta, tepatnya di rumah Laksamana Maeda, Soekarno bersama tokoh perjuangan lain menulis naskah proklamasi. Tulisan itu lalu diketik oleh Sayuti Melik untuk dibacakan tepat pukul 10.00 pagi, 17 Agustus 1945.

Pembacaan naskah proklamasi yang berlanjut pengibaran Sang Saka Merah Putih hasil jahitan Fatmawati, menandakan Indonesia merdeka. Selain Soekarno, Fatmawati dan Sayuti Melik, peran tokoh lain dalam memerjuangkan kemerdekaan tidak bisa dikesampingkan.

Siapa saja mereka, beberapa di antaranya dirangkum dalam Infografis di bawah ini:

 

 

 

 


 

Artikel Selanjutnya
5 Momen Bersejarah yang Terjadi Tepat pada 17 Agustus 2017
Artikel Selanjutnya
Band Slank Meriahkan Konser Pancasila Gemilang