Sukses

Pertama dalam Sejarah, Putra Papua jadi Ajudan Presiden

Liputan6.com, Jakarta Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Johnny Eddizon Isir dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo. Dia merupakan putra Papua.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, terpilihnya Johnny merupakan sebuah prestasi karena dialah putra Papua pertama dalam sejarah yang menjadi ajudan Presiden.

"Ini pertama dalam sejarah, putra asal Papua dipercayakan menjabat sebagai ajudan Presiden RI Joko Widodo," kata Rikwanto saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Johnny menyandang gelar Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1996. Prestasi ini juga merupakan yang pertama bagi putra Papua di Bumi Magelang, Jawa Tengah.

Johnny juga pernah menjabat sebagai Kapolres Manokwari. Setelah itu, dia dipercaya menjabat Wakil Direktur Reskrimum Polda Banten dan dosen utama STIK-PTIK dan Direktur Reskrimsus Polda Riau.

Rikwanto mengungkapkan, terpilihnya Johnny sebagai ajudan Presiden Joko Widodo tak lepas dari peran Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Kapolri, sambung dia, merekomendasikan nama Johnny kepada Presiden Joko Widodo.

"Rekomendasi dari Kapolri. Karena Presiden melihat Pak Tito punya Sespri orang Papua, dan Presiden ingin juga seperti Pak Tito. Setelah magang dua minggu di Istana, lalu diterima untuk jadi ajudan Presiden," tutup Rikwanto.


Saksikan video menarik di bawah ini: