Sukses

Alasan Nasdem Pilih Tunda Rencana Pembangunan Gedung Baru

Ketua Umum NasDem Surya Paloh mendorong fraksinya menunda pembangunan gedung baru DPR. Masyarakat perlu diberi penjelasan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan akan mendorong fraksinya untuk menunda pembangunan gedung baru DPR. "Menunda dulu. Kalau NasDem menunda dulu," ucap Surya di kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Namun, tidak berarti NasDem menolak rencana gedung baru DPR. Menurut Surya, penundaan dilakukan agar ada kesempatan memberi penjelasan kepada masyarakat. Ia khawatir kesenjangan persepsi antara masyarakat dan anggota DPR terkait gedung baru semakin besar.

"Salah untuk menolak. Memang kebutuhannya urgent. Tapi lebih urgent menjelaskan kepada masyarakat bahwa ini sesuatu yang sungguh-sungguh perlu untuk diadakan," jelas Surya.

Ia mengatakan kapasitas gedung yang ada perlu ditinjau. Jika tak bisa direnovasi lagi, perlu dibangun gedung baru. Surya sendiri menilai kondisi saat ini tak layak.

"Melihat urgenitasnya, kapasitas gedung ini memang perlu at least direnovasi kalau tidak bisa dibangun kembali. Artinya sulit untuk kita menyatakan gedung ini layak. Saya katakan tidak layak," tegas Surya.

Saat ditanya bagaimana dengan wacana adanya apartemen untuk para anggota DPR? Dia juga mengatakan perlu dijelaskan kepada masyarakat. "Ya sama saja. Jadi kalau memang itu situasinya, kita perlu doa rakyat sebetulnya," tandas Surya.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.