Sukses

Gempa 5,4 SR Getarkan Kepulauan Mentawai

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) menggetarkan wilayah Mentawai, Sumatera Barat. Pusat gempa yang terjadi pada pukul 11.09 WIB ini berada di kedalaman 22 kilometer (km) dari permukaan laut.

Badan Meteorolog,i Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya, menyebutkan titik koordinat gempa ini berada di 2.30 Lintang Selatan, dan 99.84 Bujur Timur.

"(Atau berjarak) 44 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai, Sumbar," sebut laman BMKG, seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (16/8/2017).

BMKG juga menyebutkan, gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Sejumlah gempa bumi besar pernah terjadi di Mentawai. Pada Rabu, 2 Maret 2016, lindu berkekuatan 7,8 SR terjadi di Mentawai. Gempa besar ini berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 km, sekitar 682 km barat daya Kepulauan Mentawai. Ketika itu, BMKG langsung mengimbau kepada masyarakat di Sumatera Barat, agar keluar rumah dan mencari tempat aman yang lebih tinggi.

Gempa di Kepulauan Mentawai dalam ukuran besar juga terjadi pada 25 Oktober 2010 dengan kekuatan 7,7 SR. Gempa bumi ini terjadi dilepas pantai Sumatera atau sebelah barat Bengkulu, dekat dengan Kepulauan Mentawai.

Selain itu, gempa dahsyat pernah mengguncang Kepulauan Mentawai dengan skala 8,7 SR pada 1833. Gempa ini diikuti dengan tsunami yang menerjang pesisir barat Sumatera dengan wilayah terdekat dari pusat gempa adalah Pariaman hingga Bengkulu.

Tsunami dampak gempa Mentawai ini juga menyebabkan kerusakan di Maladewa, Sri Lanka dan dilaporkan mencapai Australia bagian utara, Teluk Benggala, dan Thailand meskipun dalam intensitas kecil.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Gempa 5 SR Goyang Malang
Artikel Selanjutnya
Gempa 5,6 SR Goyang Kampung Halaman SBY