Sukses

Gus Sholah: Ada yang Mau Bikin Negara Islam? Ya Indonesia Bubar

Gus Sholah menyebutkan, terbentuknya RI sebagai negara hukum sudah baik. Sayangnya, penegakan hukum masih cenderung tumpul ke atas.

Liputan6.com, Jakarta - KH Sholahudin Wahid atau yang lebih dikenal Gus Sholah mengatakan, seharusnya negara bisa dijauhkan dari unsur satu golongan tertentu. Bila tidak, negara Indonesia akan bubar.

"Awalnya negara terbentuk berdasar rasa senasib sepenanggungan dan tidak berdasar agama, etnis, atau ras tertentu. Makanya kalau kita ada yang mau bikin negara Islam, ya kita (Indonesia) pasti bubar," kata Gus Sholah dalam Dialog Kebangsaan di Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Agustus 2017.

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari ini menyebutkan, terbentuknya Indonesia sebagai negara hukum sudah baik. Sayangnya, penegakan hukum masih cenderung tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

"Secara aturan negara kita sudah bagus, tapi nyatanya kita negara hukum, tapi di mana hukum?" kritik dia.

Gus Sholah pun mengingatkan apa pun problematika kekinian yang dihadapi bangsa, sepatutnya dikembalikan pada rasa toleransi.

"Jadi intinya adalah toleransi, jangan lakukan sesuatu pada orang lain yang tidak ingin kita lakukan pada diri kita sendiri, begitu," Gus Sholah menandaskan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.