Sukses

"Obama Bicara Indonesia"

Presiden AS Barack Obama menyebut "Indonesia bagian dari diri saya". Dalam pidatonya di Universitas Indonesia, selain membahas demokrasi dan pembangunan, Obama juga memperbincangkan isu pluralisme.

Liputan6.com, Jakarta: Selama 19 jam Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama berkunjung ke Jakarta. Kedatangan orang nomor satu di AS ini, yang ia sebut sebagai pulang kampung, cukup menyedot perhatian publik.

Wajar saja Obama menyebutnya pulang kampung. Pasalnya, selama empat tahun Obama kecil menghabiskan masa kanak-kanaknya di kawasan Menteng, Jakarta. Memang tidak ada yang menyangka akhirnya Obama menjadi orang nomor satu di AS.

Kegiatan Obama di Jakarta mulai dari kunjungan ke Istana Negara, Masjid Istiqlal, dan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

Saat memberikan kuliah umum di UI, Obama menyebut "Indonesia bagian dari diri saya". Pernyataan itu sontak mendapat sambutan meriah dari para mahasiswa mendengarkan pidatonya. Ditambah lagi Obama begitu cair saat menyebut nama-nama makanan khas Indonesia, seperti sate dan bakso [baca: Obama Fasih Berbahasa Indonesia Lho!].

Pada bagian lain Obama menyebut soal kepentingan lain AS pada Indonesia. Di antaranya adalah soal peningkatan kerjasama ekonomi dan investasi. Ia berharap Indonesia yang merupakan pangsa pasar besar bisa memberi kontribusi bagi AS demikian pula sebaliknya.

Isu pembangunan dan pentingnya demokrasi, perubahan iklim, serta teknologi ramah lingkungan juga menjadi bagian yang disampaikan Obama. Baginya keamanan dan kesejahteraan Indonesia-AS di masa depan saling terkait. Dan Indonesia sebagai negara punya peran penting bagi AS.

Selain demokrasi dan pembangunan, isu pluralisme menjadi sorotan yang dibahas Obama dalam pidatonya. Obama pun berjanji memprioritaskan perbaikan hubungan beragama antara rakyat AS dan Indonesia--yang menjadi rumah bagi populasi muslim terbesar di dunia. Janji Obama, AS tidak pernah dan tidak akan berperang melawan Islam melainkan terorisme [baca: Mahasiswa Berharap Obama Penuhi Janji].

Siang tadi Obama sudah terbang lagi menuju Korea Selatan dan Jepang. Apa saja yang ia tinggalkan dan janji apa yang diucapkan bagi bangsa indonesia? Simak selengkapnya dalam video program khusus "Obama Bicara Indonesia".(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.