Sukses

Jokowi: Bangkitkan Kembali Budaya Makan Ikan Nusantara

Menurut Jokowi, ikan lebih murah dan bergizi dibanding daging.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin budaya makan ikan kembali digalakkan. Jokowi mengatakan, Indonesia dianugerahi banyak ikan dan ikan harus menjadi konsumsi utama bagi masyarakat, terutama sebagai pengganti daging sapi.

"Ya ini kita ingin segera membangkitkan kembali, menyadarkan kita kembali, mengingatkan kita kembali bahwa yang namanya ikan ini potensinya besar sekali di negara kita," kata Jokowi usai meninjau lomba Masak Ikan Nusantara di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Sejak penjarahan ikan terus diberantas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, kata Jokowi, produksi ikan Indonesia terus meningkat. Besarnya produksi ikan ini harus diimbangi dengan konsumsi yang besar pula.

"Jadi produksi ikan jadi banyak, untuk apa? Ya pertama untuk konsumsi sendiri sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu, lomba ini bertujuan agar macam-macam cara memasak ikan, macam-macam cara memasak cumi, kerang-kerangan, semuanya mengenalkan pada masyarakat. Jangan malah larinya ke daging, steak, padahal ikan-ikannya ada," jelas Jokowi.

Ikan, lanjut Jokowi, jelas lebih murah dan bergizi dibanding daging. Karena itu, berbagai olahan ikan harus terus dikenalkan kepada masyarakat sehingga punya banyak pilihan dalam memasak ikan.

Pemasak atau chef yang memiliki perhatian pada olahan ikan nusantara harus terus didorong kreasinya. Kemudian, kata dia, kreasi ini akan dikenalkan secara nasional. Bukan tidak mungkin, dari olahan ini bisa disajikan untuk tamu negara sekalipun.

"Nanti larinya ke sana," ucap Jokowi.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki memastikan, juara 1 Lomba Masak Ikan Nusantara ini akan menjadi koki sehari di Istana Kepresidenan. Olahan ikan yang dimasakkan akan disajikan pula untuk tamu negara pada gala dinner di Hari Kemerdekaan.

"Besok pemenang koki ini akan masak untuk Presiden dan tamu-tamu Presiden pada hari 17 Agustus," kata Teten.

Lomba Masak Ikan Nusantara ini dimenangi oleh Abdul Kodir. Abdul memasak Botok Ikan Merah Putih. Makanan ini juga sudah dicoba langsung oleh Presiden Jokowi saat meninjau acara masak.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi