Sukses

Menko Darmin Nasution Optimistis Pertumbuhan Ekonomi RI Membaik

Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi tahun 2017 mencapai 5,2 persen seiring meningkatnya kegiatan ekonomi di semester 2

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak sebab yang memicu melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal dua. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan banyaknya Hari Libur Nasional di Bulan Juni misalnya berdampak pada menurunnya konsumsi barang dan jasa.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Selasa (15/8/2017), musim mudik juga membuat masyarakat memilih mengurangi konsumsi. Harga komoditas migas dan nonmigas yang mengalami penurunan juga menjadi salah satu pemicu. Meski demikian pertumbuhan ekonomi diklaim masih stabil.

Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi tahun 2017 mencapai 5,2 persen seiring meningkatnya kegiatan ekonomi di semester dua. Kondisi ekonomi dunia yang membaik juga diharapkan mampu meningkatkan ekspor.

Sebelumnya, BPS merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia kwartal dua sebesar 5,01 persen. Angka ini melambat dibanding pertumbuhan ekonomi kuartal dua tahun lalu sebesar 5,18 persen.