Sukses

Maruarar Sirait Ajak Pemuda Jaga Pancasila

Maruara juga meminta para pemuda untuk merapatkan barisan menentang paham radikal dan intoleran.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Taruna Merah Putih Maruarar Sirait atau Ara, mengajak seluruh pemuda untuk berada di garis paling depan menjaga dan membela Pancasila.

Ajakan itu dilandasi beberapa fakta dan ancaman dari sekelompok orang yang mau mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

"Anak muda harus menunjukkan berani mendukung Pancasila. Anak-anak muda, bersama kekuatan dan kelompok civil society, harus bahu membahu dengan TNI dan Polri untuk selalu menjaga Pancasila, bersama dengan pemerintahan Jokowi dan JK," ucap Ara di acara Simposium Nasional bertajuk 'Bangkit Bergerak, Pemuda Indonesia Majukan Bangsa', Balai Kartini, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Tak hanya itu, Ara juga meminta para pemuda untuk merapatkan barisan menentang paham radikal dan intoleran.

"Bersatu menghadapi radikalisme menghadapi intoleran dan mendukung Pancasila, saya pikir tidak ada kekuatan manapun apalagi bersama-sama pemerintah, bersama TNI dan Polri kita bergandengan tangan. Jadi bagaimana kekuatan masyarakat, kekuatan sipil TNI Polri, Presiden itu mengawal Pancasila," dia menambahkan.

Ara menampik anggapan sebagian kelompok yang menyebut Presiden Joko Widodo sebagai pimpinan otoriter.

Jokowi, kata Maruarar, sangat terbuka dengan demokrasi dan mengedepankan suara masyarakat. "Tidak benar bahwa ada yang mengatakan Jokowi adalah otoriter," kata dia.

Pemerintahan Jokowi tetap berlandaskan demokrasi. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aksi demonstrasi beberapa waktu lalu yang ramai dilakukan sekelompok orang.

"Coba lihat saja seminggu berapa kali orang bisa demo. Pemuda, mahasiswa ataupun kelompok masyarakat bisa demo di depan Istana. Apakah itu bisa dibilang Jokowi itu otoriter?," terang politisi PDI Perjuangan itu.

"Jadi saya rasa itu bukti-bukti yang sangat kongkrit bahwa tidak benar ada yang mengatakan Jokowi otoriter," Maruarar Sirait menandaskan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.