Sukses

Paskibraka Nasional 2017 Pantang Lakukan Ini Saat Gladi Bersih

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian gladi kader, gladi kotor pertama, dan gladi kotor kedua dijalani baik oleh Paskibraka Nasional 2017. Selasa, 15 Agustus 2017, seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka itu menjalani gladi bersih sebelum Presiden Joko Widodo mengukuhkan mereka. 

Para pelatih berharap sejumlah hal yang sempat menghambat mereka saat gladi kotor tidak terjadi lagi. Misalkan, karpet yang cukup menyulitkan mereka untuk melangkah.

"Sudah tidak ada lagi karpet. Tidak ada lagi alasan terpengaruh dengan karpet," kata Wakil Koordinator Pelatih Mayor Inf Suswan kepada seluruh Paskibraka Nasional 2017, Senin sore, 14 Agustus 2017.

Suswan mengimbau agar mereka mengeluarkan semua tenaga yang dimiliki. Sebab, semua pejabat dijadwalkan hadir untuk melihat pelaksanaan gladi bersih. Bahkan, pada tahun-tahun sebelumnya RI 1 juga turun untuk mengecek seluruh persiapan.

Untuk mereka yang kerap ditugaskan membawa baki harus memberikan senyum yang terbaik. Senyum termanis mereka harus diperlihatkan saat akan mengambil atau menyerahkan bendera kepada Presiden.

"Pandangan harus lurus ke depan. Tidak usah takut akan jatuh," ujar Suswan.

Begitu juga dengan pengerek bendera. Tarikan talinya harus sama dengan lagunya. Hitung dalam hati supaya tidak ketinggalan.

"Lagu selesai, bendera pun sudah naik dengan sempurna. Tidak ada lagi melintir-melintir, kurang satu senti, dua senti, atau bahkan lima senti. Satu senti pun jangan," kata Suswan.

Pesan yang sama juga ditunjukkan untuk pengerek saat upacara penurunan. Ayunan harus sesuai tempo lagu Indonesia Raya.

"Begitu lagu selesai, langsung bentangkan dengan sempurna. Tidak ada miring, tidak ada terbelit-belit, semuanya harus terbentang sempurna," Suswan menambahkan.

Suswan tidak akan memberitahu kelompok mana dulu yang akan bertugas saat gladi bersih. Bisa jadi tim A dulu atau sebaliknya. Karena itu, persiapkan diri dengan sebaik-baiknya supaya siap begitu ditunjuk sebagai petugas.

"Dan kembali saya tekankan, belum tentu yang besok main akan main saat pelaksanaan. Makanya pesan saya, persiapkan diri masing-masing, jangan punya ego. Kalau lagi punya ego akan fatal semuanya," imbau Suswan untuk Paskibraka Nasional 2017.

Simak video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Cerita Paskibraka 2017 Asal Kaltim Raih 2 Posisi Terbaik
Artikel Selanjutnya
Aksi Paskibraka Fariza Putri Memanah di Sukabumi