Sukses

Pejabat Kemendagri Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Perbatasan

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 RI di 10 wilayah perbatasan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 RI di 10 wilayah perbatasan. Upacara tersebut sebagai bentuk konkret pemerintah dalam membangun Indonesia dari wilayah perbatasan.

"(Upacara di perbatasan) juga berdasarkan atas program Pak Jokowi-JK serta untuk mengetahui negara hadir di daerah perbatasan, baik dalam rangka memacu pembangunan, juga peningkatan jiwa nasionalisme bela negara," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo di Kantor Kemendagri Jakarta, Senin (14/8/2017).

Atas petunjuk dari Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, jajaran Kemendagri ditugaskan memimpin upacara HUT ke-72 RI di wilayah perbatasan. Para staf ahli menteri akan bertindak sebagai inspektur upacara di kecamatan-kecamatan perbatasan.

Alasan menurunkan para pejebat eselon satu ke wilayah perbatasan sebagai pembuktian bahwa pemerintah Jokowi-JK memperhatikan mereka. Kawasan perbatasan disebutkan bukan merupakan wilayah yang terpinggirkan namun prioritas utama dalam pembangunan.

"Dampak pertama ikatan kewilayahan. Kedua juga kaitannya dengan wujud perhatian pemerintah dan ketiga memupuk rasa nasionalisme serta yang lebih secara umum adalah negara hadir di kawasan perbatasan," jelas Hadi.

Dalam upacara HUT nanti, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Eko Putro Sandjojo, dijadwalkan hadir dalam upacara di Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Berikut sembilan wilayah perbatasan lainnya yang menggelar acara HUT ke-72 RI.

1. Kecamatan Sukakarya di Kota Sabang, Provinsi Aceh.
2. Kecamatan Bunguran Utara di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
3. Kecamatan Sajingan Besar di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.
4. Kecamatan Entikong di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.
5. Kecamatan Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.
6. Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
7. Kecamatan Tabukan Utara di Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.
8. Kecamatan Selaru di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.
9. Distrik Tarub di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.