Sukses

Warga Antusias Jajal Transjakarta Koridor 13 yang Bebas Macet

Pengoperasian Transjakarta koridor 13 membuat masyarakat penasaran untuk mencoba transportasi bertarif Rp 3.500 itu.

Liputan6.com, Jakarta Koridor 13 Transjakarta rute Kapten Tendean-Ciledug mulai diuji coba. Namun, dari 12 halte yang ada, baru lima halte yang beroperasi. Antara lain Halte Kapten Tendean, Tirtayasa, Mayestik, Cipulir, dan Adam Malik.

Pantauan Liputan6.com di setiap halte yang beroperasi telah ditempelkan spanduk pengumuman mulai beroperasinya bus Transjakarta yang melintas sepanjang 9,8 kilometer itu. Spanduk berukuran 3 x 1 meter itu juga menginformasikan keberadaan tiga rute yang melintasi Ciledug-Tendean.

Untuk rute Ciledug-Blok M dan Ciledug-Pancoran Barat beroperasi pukul 05.00 WIB sampai 19.00 WIB. Sedangkan untuk rute Ciledug-Bundaran HI hanya melayani pagi hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB.

Pengoperasian ini tak ayal membuat warga penasaran untuk mencoba transportasi bertarif Rp 3.500 itu.

Salah satunya Yulia, warga Bintaro yang mengaku sudah meminta izin masuk siang kepada kantornya untuk mencoba rute Transjakarta koridor 13. Dia mengatakan, ketika menggunakan angkutan umum lain, waktu tempuh dari Ciledug hingga Kuningan, Jakarta Selatan, butuh 2,5 jam perjalanan.

"Sebenarnya ini sudah ditunggu-tunggu, kalau memang bisa memangkas waktu mending beralih ke Transjakarta," ucap Yulia.

Menurut dia, perjalanan dari Halte Puri Beta 2 hingga Adam Malik memang sudah pasti terkendala macet panjang. Namun, adanya jalan layang mulai dari Tol JORR hingga Halte Tendean dapat menghemat waktu.

"Itu memang macet banget, enggak jam kerja saja macet panjang itu. Paling nanti transitnya saja sedikit ribet," ujar dia.

Rafly, siswa SMPN 29 Jakarta, mengatakan sudah mencoba Transjakarta koridor 13 saat uji coba gratis, Minggu, 13 Agustus 2017. Kata dia, dari rumahnya yang berlokasi dekat Halte Adam Malik menuju SMPN 29 Jakarta butuh waktu 45 menit naik bus sekolah.

"Ini ngajak teman buat rasain naik Transjakarta baru. Lebih cepet enggak sampai 30 menit tinggal turun di Halte Mayestik," ujar dia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.