Sukses

Ribuan Penari Saman di Aceh Pecahkan Rekor Dunia

Acara yang digelar untuk memeriahkanperingatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 ini, berhasil memecahkan rekor dunia.

Liputan6.com, Aceh - Sebanyak 12.262 penari saman mengguncang lapangan Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu, 13 Agustus 2017 siang. Pagelaran tari saman massal dengan jumlah penari terbanyak di dunia ini digelar untuk memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (14/08/2017), unjuk kebolehan para penari saman yang datang dari Kabupaten Takengon, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Aceh Timur ini berhasil menembus rekor dunia dari museum rekor dunia Indonesia.

Kekompakan gerakan yang cepat dan atraktif memukau penonton. Yang tak hanya datang dari sekitaran Aceh, tapi juga sejumlah wisatawan asing.

Tari saman gayo, sebenarnya pada 24 November 2011 lalu telah ditetapkan oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia tak benda. Tak heran, upaya pelestarian tari tradisional khas tanah rencong ini terus dijaga.