Sukses

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Pramuka

Adhyaksa menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepeduliannya terhadap gerakan pramuka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara dalam acara Peringatan Hari Pramuka dan Pembukaan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8/2017).

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 07.30 WIB. Dia didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Jokowi mengenakan seragam pramuka lengkap. Kopiah hitam pun melekat di kepalanya.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, menyampaikan, ada 15 ribu Pramuka Penegak dan Pandega yang berasal dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan peserta dari luar negeri pun hadir, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Bangladesh.

"Gerakan Pramuka genap berusia 56 tahun dan kita patut berbangga dengan itu. Ini jumlah anggota terbesar di dunia dengan mencapai 22 juta anggota," tutur Adhyaksa saat pembacaan laporan di lokasi.

Adhyaksa berpesan, para peserta Raimuna Nasional dapat mengikuti semua aturan yang ada di Bumi Perkemahan Cibubur. Menjaga kebersihan, tidak merokok, juga saling menghormati satu sama lain.

"Di sini kita memperdalam wawasan lokal, nasional, bahkan internasional. Pelajari budaya dan sejarah daerah masing-masing. Saling ceritakan daerahnya dan bertukar ilmu, serta informasi. Bangun jaringan juga jalankan ibadah," jelas dia.

Adhyaksa menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepeduliannya terhadap gerakan pramuka. Pramuka juga dengan sigap menjalankan segala saran dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu agar gerakan tersebut dapat maksimal menggunakan sosial media. Dengan begitu generasi muda bangsa dapat lebih sadar terhadap gerakan pramuka.

"Termasuk juga sampai hari kiamat tempat ini akan tetap menjadi lokasi gerakan pramuka Indonesia," Adhyaksa menandaskan.

Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh juga turut hadir, di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Megawati Soekarnoputri.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.