Sukses

Bupati-Wali Kota Bersatu, Smart City Tangerang Bisa Kalahkan DKI

Smart city yang ideal di Tangerang diperlukan kolaborasi antarwilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Mewujudkan kota cerdas atau smart city yang ideal di Tangerang, ternyata diperlukan kolaborasi antarwilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan. Dengan kolaborasi antarwilayah tersebut, diharapkan tercipta satu sistem layanan dengan yang mengusung Tangerang Incorporate.

"Wah keren kalau jadi begitu. Jakarta juga kalah, bisa langsung mencontoh Eropa," kata Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna, Senin (14/8/2017).

Menurut dia, disayangkan bila selama ini pergerakan smart city Tangerang terbatas pada pemetaan politik dan administratif saja. Padahal dulunya, Tangerang ada satu kesatuan berbentuk kabupaten.

Yayat berpandangan, tidak ada salahnya bila soal smart city, wilayah Tangerang bisa bersatu dalam bentuk BUMD atau memberdayakam stake holder sebagai badan usahanya.

"Wujudkan smart city sebenarnya tidak harus melalui kantong APBD, gandeng saja stakeholder atau swasta. Jadikan badan usaha bersama Tangerang Raya," ujar dia.

Badan usaha tersebut, jelas Yayat, bisa juga melayani rutinitas dasar warganya, seperti transportasi, kebutuhan air bersih, kebersihan dan pengelolaan sampah, serta penyediaan perumahan. Sehingga, paham smart city tak melulu soal kecanggihan IT yang sudah diterapkan.

"Tujuannya itu kan, mobilitas masyarakat harus dalam satu sistem layanan. Coba, dua wali kota dan satu bupati ini bersatulah dalam pengelolaan Tangerang Incorporate," ajak Yayat.

Sementara, Pengamat Smart City yang juga guru besar ITB Prof Suhono Harso mengatakan, tidak akan mustahil Tangerang menjadi kota yang lebih mandiri dari Jakarta. Sebab, di sini ada poros swasta yang berperan dalam membangun perkotaannya.

Sebut saja BSD, Bintaro, Alam Sutera, Paramount, Summarecon, dan beberapa pengembang lainnya. Belum lagi beberapa pihak swasta yang sudah mendirikan pabrik atau industrinya di tiga wilayah ini.

"Manfaatkanlah, Tangerang akan punya Apple dan beberapa industri ternama dunia lainnya. Saya rasa mudah bila 2 wali kota dan 1 bupati ini bersatu," Suhono memungkas.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.