Sukses

Layak Disebut Paskibraka Nasional 2017 Setelah Renungan Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Renungan jiwa yang diikuti seluruh calon Paskibraka 2017 pada Minggu, 13 Agustus 2017, malam sebagai sarana instropeksi diri selama mengikuti pendidikan dan pelatihan di PP-PON Kemenpora Cibubur, Jakarta Timur.

Sekaligus untuk menyadarkan mereka, apakah selama latihan sudah sungguh-sungguh atau justru masih jauh dari kata layak. Dengan merenung diharapkan seluruh calon Paskibraka 2017 terpacu untuk lebih serius lagi, lebih giat berlatih lagi, sehingga dapat menampilkan yang terbaik pada upacara 17 Agustus mendatang.

"Kurang lebih tujuannya untuk adik-adik berbenah diri. Dan menyadari bahwa tugas yang mereka emban tidak mudah dan itu tugas yang mulia," kata Pembina Paskibraka 2017, Nina kepada Diary Paskibraka Liputan6.com, Minggu (13/8/2017)

Renungan jiwa di aula Wisma Soegondo Djojopoespito, PP-PON Kemenpora Cibubur dimulai pukul 20.00 WIB. Lampu yang biasa menerangi mereka selama materi berganti dengan cahaya lilin.

Cahaya itulah yang mereka pakai untuk membaca buku renungan, yang mengingatkan mereka akan jasa-jasa para Pahlawan. Termasuk melakukan instrospeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Setelah membaca buku, calon Paskibraka 2017 akan keluar dari ruangan untuk mencium hormat dan mencium bendera merah putih sebagai bentuk kecintaan 68 putra dan putri terpilih dari 34 provinsi di Indonesia terhadap tanah air serta menjunjung tinggi nilai kebangsaan. Kemudian, Nina akan memasangkan kendit (pita atau sabuk yang terbuat dari kain), penanda bahwa mereka sudah lulus dalam mengikuti Diklat Paskibraka 2017.

Tinggal dikukuhkan saja oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2017 di Istana Negara."Pelantikan itu sebenarnya saat renungan jiwa ini. Saat dia sudah instropeksi diri apa yang akan dia lakukan selanjutnya," ujar Nina.

Dengan kata lain, mereka bukan lagi calon tapi sudah layak untuk menyandang Paskibraka Nasional 2017. "Kalau kendit sudah dipasang, bukan lagi calon, tapi sudah resmi jadi Paskibraka. Tinggal penyematan MPG (merah putih garuda) dan pengukuhan Selasa mendatang," jelas Nina.

Setelah malam itu, Nina amat berharap Paskibraka Nasional 2017 lebih kompak, lebih sadar diri, dan lebih tahu diri.

Simak video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Kala Anggota Paskibraka 2017 Menari dalam Ajang Apel Kebangsaan
Artikel Selanjutnya
Kala Sang Saka Merah Putih Berkibar di Langit Korea Utara