Sukses

Jalan Tol Bawen-Salatiga Resmi Beroperasi 28 Agustus

Konstruksi jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer sudah selesai 100 persen.

Liputan6.com, Salatiga - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga akan diresmikan akhir Agustus ini.

"Sudah ada kunjungan lapangan kemarin (untuk uji kelaikan), kalau itu laik kami rencanakan 28 Agustus 2017 akan dibuka resmi untuk masyarakat," kata Basuki di sela Festival Jalan Tol di gerbang tol Salatiga, Minggu 13 Agustus 2017.

Saat ini, seperti dikutip dari Antara, tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polri dan tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang melakukan uji kelaikan ruas tol ini.

Uji kelaikan adalah salah satu prosedur yang harus dilakukan sebelum ruas jalan tol dioperasikan resmi oleh pemerintah.

Setelah uji kelaikan selesai, tim gabungan akan memberikan rekomendasi kepada PT Trans Marga Jateng agar ditindaklanjuti jika ada yang harus dilengkapi atau diperbaiki.

Konstruksi jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer sudah selesai 100 persen.

Jalan tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 Km yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ), kelompok usaha PT Jasa Marga, adalah salah satu skala prioritas pembangunan jalan tol oleh pemerintah dan telah sesuai dengan tata ruang terpadu yang disusun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang diharapkan mempercepat pengembangan wilayah ini.

Jalan tol Semarang-Solo yang menghubungkan Kota Semarang dan Solo memiliki arti penting bagi denyut nadi perekonomian di daerah yang dilintasi yaitu, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo dan Solo.

Jalan tol Semarang-Solo sebagai bagian dari Trans Jawa yang melintas di jalur pantura juga membantu kelancaran arus mudik balik Lebaran tiap tahun.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.