Sukses

BMKG: Gempa Bengkulu 6,6 SR Berpotensi Tsunami

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,6 pada skala Richter (SR) mengguncang Kota Bengkulu dan sekitarnya pada pukul 10.08 WIB. Getara gempa membuat masyarakat berhamburan keluar rumah.

Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, pusat gempa berlokasi di laut, sekitar 71 kilometer barat daya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Kedalaman hanya 10 kilometer di dasar laut. Kalau dari skala ini berpotensi tsunami, tapi kami masih menunggu arahan pusat," kata Kepala Seksi dan Data BMKG Provinsi Bengkulu, Sudiyanto, di Bengkulu, Minggu (13/8/2017).

Gempa Bengkulu berlokasi 3.75 Lintang Selatan, 101.56 Bujur Timur itu dirasakan cukup kuat oleh warga Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Guncangan gempa dirasakan kurang dari satu menit dengan pola guncangan awal vertikal lalu horizontal atau mengayun, membuat warga berhamburan keluar rumah.

"Sangat kuat guncangannya, kami teringat gempa tahun 2007," kata Ardiansyah, warga Kelurahan Timur Indah, Kota Bengkulu, seperti dikutip dari Antara.

Namun, setelah guncangan gempa mereda, warga kembali ke rumah masing-masing dan aktivitas masyarakat kembali normal.

Gempa dengan kekuatan 7,3 SR mengguncang Bengkulu pada 2000, dan gempa 7,9 SR juga mengguncang pada 2007. Tumpukan dua lempeng aktif Indo-Australia dan Eurasi diduga menjadi pemicu gempa berpusat di laut kerap melanda wilayah ini dan pesisir pantai barat Sumatera lainnya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Gempa 5,4 SR Getarkan Kepulauan Mentawai
Artikel Selanjutnya
Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Utara