Sukses

Calon Paskibraka 2017 Jalani Gladi Kotor di Istana

Liputan6.com, Jakarta - Bus yang mengangkut seluruh calon Paskibraka 2017 tiba di parkiran Kementerian Sekretaris Negara pukul 05.55 WIB, Minggu pagi. Rencananya, hari ini mereka mulai menjalani gladi kotor pertama.

Sebelum gerbang Istana Merdeka dibuka, seluruh calon Paskibraka terlebih dulu diajak melakukan pemanasan. Ada beberapa gerakan yang dicontohkan pelatih dan empat orang Komandan Pasukan dari TNI, AL, AU, dan Kepolisian.

Salah seorang pelatih Serka PDK/W Siwi Gani Apsari mengatakan, kegunaan dari beberapa gerakan pemanasan seperti jumping jack dan gerakan kombinasi untuk melemaskan urat-urat agar calon Paskibraka 2017 tidak keram saat baris berbaris nanti.

"Ya, seperti kegunaan pemanasan pada umumnya," kata Siwi kepada Diary Paskibraka Liputan6.com, Minggu (13/8/2017) pagi.

Meski lamanya pemanasan hanya beberapa menit, itu dirasa cukup untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan selama latihan. "Lebih baik sebentar daripada tidak sama sekali," kata Siwi.

Sementara itu, Wakil Koordinator Pelatih Mayor Inf Suswan mengatakan, kedua tim yang terdiri dari A dan B akan melaksanakan penaikan dan penurunan bendera.

Secara garis besar tak ada yang berbeda dari latihan di Cibubur. Hanya perlu diingat oleh calon Paskibraka 2017 Putra yang akan dilatih jadi pengerek dan pembentang adalah memerhatikan jumlah tarikan.

"Perlu diperhatikan saat penarikan tali harus pas dengan lagu Indonesia Raya. Jangan sampai kurang atau lebih. Harus yakin dengan kerekan," kata Suswan.

Total tarikan dari sejak lagu Indonesia Raya berkumandang adalah 39, dengan panjang tiang bendera mencapai 17 meter.

Dari segala aspek yang ada di Istana Merdeka, kata Suswan, hanya tali di tiang bendera yang agak berbeda. Bila di Cibubur tali tiang bendera sudah lama, di sini masih baru.

"Di sini baru dipasang (kemarin), jadi harus berhati-hati," kata Suswan melanjutkan.

Untuk penempatan posisi sendiri, seluruh calon Paskibraka 2017 secara bergantian ditunjuk menjadi pembawa baki, penggerek, pembentang, serta komandan kelompok 16 dan 8.


Saksikan video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kala Anggota Paskibraka 2017 Menari dalam Ajang Apel Kebangsaan
Artikel Selanjutnya
Aksi Paskibraka Fariza Putri Memanah di Sukabumi