Sukses

Petugas Haji Koordinasi Kedatangan Jemaah Gelombamg Kedua

Liputan6.com, Jakarta Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang dua akan segera dimulai. Keberangkatan kloter perdana gelombang kedua dari Tanah Air dijadwalkan mulai tanggal 12 Agustus 2017.

Terkait hal ini, seluruh Panitia Penyelenggera Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar rapat koordinasi di kantor teknis urusan haji KJRI Arab Saudi di Jedah. Rapat dihadiri Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH Arab Saudi, Ahmad Dumyanti Basori, Kepala Daker Mekah, Nasrullah Jasam, dan Kadaker Madinah Amin Handoyo.

Kemudian Kadaker Airport Arsyad Hidayat, Kasatops Armina Kolonel Jaetul Muchlis dan sejumlah perwakilan dari kesehatan dan ketering. Rapat juga dihadiri perwakilan maskapai yang menerbangkan jemaah.

"Kita berusahan mensinergikan seluruh jajaran, baik unsur Kemenag, Kesehatan, Linjam dan unsur yang lain," kata Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyati di Jedah, Jumat 11 Agustus 2017.

Menurut Ahmad Dumyanti, rapat koordinasi untuk merespons permintaan Kementerian Haji Arab Saudi yang menginginkan agar jemaah haji Indonesia tidak terlalu lama berada di Bandara King Abdul Azis Internationsl Aiport, Jeddah.

"Memang ada perubahan pada tahun ini terkait dengan pola kedatangan jemaah. Agar jemaah datang sudah di Jedah sudah berihram," ujar Ahmad Dumyanti.

Jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan ke Tanah Suci mulai 12 Agustus 2017. Berbeda dengan gelombang satu yang tiba di Madinah, jemaah gelombang kedua akan mendarat di King Abdul Aziz. Dari Jedah, jemaah lalu diberangkatkan ke Mekah untuk melaksanakan umrah wajib.

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, terkait hal itu sudah dikeluarkan edaran berisi imbauan agar jemaah mandi umrah di embarkasi.

"Bagi jemaah yang akan berangkat, diharapkan melakukan mandi umrah di embarkasi. Tujuannya, ketika sampai di bandara Jedah setelah pengecekan imigrasi dan beacukai, jemaah dapat langsung niat umrah di bandara dan di dorong ke Mekah untuk melaksanakan ibadah umrah," beber Sri Ilham.

Saksikan video di bawah ini:

Saksikan Live Streaming Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Sebanyak 9 Orang Coba Menyusup ke Hotel Jemaah Haji Indonesia
Artikel Selanjutnya
Petugas Haji Mekah Temukan Pipa Air Pemadam Bocor di Ruang Salat