Sukses

Tato 4:20 di Tangan Ello dan Kisah Remaja Berburu Ganja

Anak-anak muda yang menamai geng mereka Waldos, bertemu setiap hari pukul 4:20 sore di patung Louis Pasteur untuk memulai perburuan ganja.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet atau netizen di media sosial saat ini tengah heboh membahas tato di tangan penyanyi Ello atau Marcello Tahitoe. Tato dengan gambar waktu 4:20 itu terpatri di lengan kanan Ello.

Sejumlah warganet menyebut tato 4:20 itu merupakan kode untuk memakai ganja. Benarkah demikian?

Dikutip dari express.co.uk, Jumat (11/8/2017), angka 20 April atau 420 merupakan hari libur penting bagi pengguna ganja atau marijuana untuk bertemu pukul 4:20 sore pada 20 April guna merayakan budaya ganja.

Sementara time.com menulis, ada banyak versi tentang 420. Salah satu versi menyebutkan, angka 420 merupakan kode di antara polisi untuk menyebut orang yang tengah merokok marijuana.

Versi lain menganggap, kode 420 ada kaitannya dengan hari lahir pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Dari sekian versi itu, yang paling terkenal adalah kode 420 yang dikaitkan dengan sebuah geng anak SMA di California, Amerika Serikat. Geng itu beranggotakan lima orang, yakni Steve Capper, Dave Reddix, Jeffrey Noel, Larry Schwartz, dan Mark Gravich.

Menurut cerita, demikian ditulis express.co.uk, 420 diambil dari kode yang dipakai oleh geng anak SMA tersebut untuk berburu ganja pada 1971.

Lima anak muda di Sekolah San Rafael di Marin County itu menamai geng mereka, Waldos, bertemu setiap hari pukul 4:20 pm (sore) di patung Louis Pasteur untuk memulai perburuan ganja.

Pada 2012, seorang anggota geng Waldos, Steve Capper yang sekarang sudah 63 tahun, mengatakan kepada Huffington Post, "Setiap anggota geng saling mengingatkan untuk bertemu pukul 4:20 di tempat yang sudah ditentukan, yakni Patung Louis."

Belakangan kata 4.20 kemudian menjadi kode 4.20-Louis di antara anggota geng Waldos.

"Kami bertemu pukul 4:20 dan berada di mobil tuaku '66 Chevy Impala, dan tentu saja kami langsung merokok. Mengisap (ganja) sepanjang jalan menuju Point Reye, sepanjang waktu di luar sana. Kami melakukannya minggu demi minggu".

Menurut Capper, kode 4/20 kemudian menjadi istilah untuk ganja, dan istilah ini sudah menyebar di seantero California.

Pada akhir 1960-an, sebuah grup band rock Amerika, The Grateful Dead, pindah ke California dan berteman dengan Waldos.

Setelah itu, kode 4/20 kemudian menyebar di antara penggemar band tersebut di seluruh dunia, yang kemudian disorot oleh majalah budaya obat-obatan High Times.

Kode itu pun kemudian dipakai oleh majalah tersebut yang mengacu kepada ganja. "Saya mulai memasukkannya ke dalam semua yang kami kerjakan," ujar mantan editor High Times, Steve Hager, kepada Huffington Post.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.