Sukses

Modus Teroris Tangsel Rekrut Orang ke Filipina dan Suriah

Polri menduga terduga teroris Serpong Utara, Tangerang Selatan menggalang dana dan memberangkatkan orang ke Filipina dan Suriah.

Liputan6.com, Jakarta - Polri menduga terduga teroris Serpong Utara, Tangerang Selatan menggalang dana dan memberangkatkan orang ke Filipina dan Suriah. Metode yang digunakannya untuk menyeret orang ke terorisme sangat sederhana.

"Yang dilakukan adalah mengajak orang untuk berbagi dananya kemudian mengirimkan kepada orang-orang atau membekali yang berangkat dengan dana itu," ujar Kabag Penum Polri, Kombes Martinus Sitompul, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, tak ada sarana khusus untuk mendekati orang-orang agar mau ikut mendanai aksi ini.

"Yang dilakukan person to person, mendatangi orang-orang, melakukan upaya-upaya radikal dan mengajak menjadi bagian dari yang kita sebut adalah kelompok radikal," Martinus menjelaskan.

Dia mengatakan terduga teroris berinisial SP ini juga telah memberangkat beberapa orang ke Filipina dan Suriah. Hal ini terungkap dari pemeriksaan beberapa orang yang tertangkap ketika akan berangkat ke Filipina dan Suriah. Namun, Polri dan pihak terkait masih mendata jumlah orang yang telah diberangkatkan ke kedua negara itu.

"Sehingga kita lakukan upaya penangkapan untuk mencegah yang bersangkutan memberangkatkan kembali atau mendanai orang-orang ke Suriah atau Filipina," ujar Martinus.

Dia mengatakan Polri tengah memeriksa SP secara intensif di Markas Komando Brimob Kelapa Dua. Termasuk dugaan terkait keterlibatan terduga teroris ini dengan ISIS.

"Akan diperiksa dan didalami penggalangan dananya ke mana saja dan siapa saja," lanjut Martinus.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.