Sukses

Teroris di Tangsel Galang Dana Berangkatkan Orang ke Filipina

Terduga teroris yang ditangkap di Tangsel diduga menggalang dana untuk orang-orang yang akan berangkat ke Filipina dan Suriah.

Liputan6.com, Jakarta - Terduga teroris yang ditangkap di Serpong Utara, Tangerang Selatan diduga menggalang dana untuk orang-orang yang akan berangkat ke Filipina. Dia juga mencari dana untuk memberangkatkan orang ke Suriah.

"Keterlibatan yang bersangkutan adalah melakukan pendanaan kepada orang-orang yang berangkat ke Filipina dan Suriah," ujar Kabag Penum Polri, Kombes Martinus Sitompul, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, terduga teroris berinisial SP ini juga telah memberangkat beberapa orang ke kedua negara tersebut. "Jadi saudara SP menggalang dana dan memberangkatkan beberapa orang ke Filipina dan Suriah," kata Martinus.

Hal ini terungkap dari pemeriksaan beberapa orang yang tertangkap ketika akan berangkat ke Filipina dan Suriah. Namun, Polri dan pihak terkait masih mendata jumlah orang yang telah diberangkatkan ke kedua negara itu.

"Sehingga kita lakukan upaya penangkapan untuk mencegah yang bersangkutan memberangkatkan kembali atau mendanai orang-orang ke Suriah atau Filipina," ujar Martinus.

Dia mengatakan Polri tengah memeriksa terduga teroris SP secara intensif di Markas Komando Brimob Kelapa Dua. "Akan diperiksa dan didalami penggalangan dananya ke mana saja dan siapa saja," lanjut Martinus.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.