Sukses

Jokowi: Negara Lain Adu Kekuatan, ASEAN Selesaikan dengan Dialog

Jokowi mengatakan, ASEAN merupakan kawasan di dunia yang pandai mengelola stabilitas keamanan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan peran ASEAN dalam menjaga perdamaian dunia. Pola diplomasi dan penyelesaian masalah dengan dialog menjadi kunci.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutannya pada Perayaan 50 tahun ASEAN.

Jokowi mengatakan, ASEAN merupakan kawasan di dunia yang pandai mengelola stabilitas keamanan. Padahal, di sisi lain, banyak negara dan kawasan justru memunculkan konflik.

"Sementara di banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi," ujar Jokowi pada Perayaan HUT ke-50 ASEAN di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Dunia, kata Jokowi, memang tengah menghadapi banyak masalah. Setiap negara dan kawasan juga punya cara tersendiri dalam mencari solusi.

"Sementara banyak negara dan kawasan mulai pesimis dengan integrasi ekonomi, maka ASEAN terus bergerak maju membangun integrasi ekonomi, bukan hanya antarnegara ASEAN namun juga dengan negara-negara sahabat lainnya," ucap Jokowi.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN