Sukses

Jemaah Haji Lansia Bingung Pakai Fasilitas Hotel di Mekah

Gelombang kedatangan jemaah calon haji Indonesia yang tiba di Mekah terus bertambah.

Liputan6.com, Mekah - Gelombang kedatangan jemaah calon haji Indonesia yang tiba di Mekah terus bertambah. Para jemaah ini adalah mereka yang sudah tiba di Arab Saudi sejak 6 Agustus lalu, namun lebih dulu ke Madinah untuk salat arbain 40 waktu.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Jumat (11/8/2017), sejumlah jemaah haji yang umumnya lansia ternyata banyak belum mengerti menggunakan fasilitas hotel. Mereka beralasan fasilitas hotel di Mekah berbeda dengan saat menginap di Madinah.

Untuk itu, petugas haji Indonesia memberi tahu cara menggunakan fasilitas hotel. Mulai dari cara membuka kunci pintu kamar, menyalakan lampu, menyalakan pendingin ruangan, hingga menggunakan air panas dan dingin. Hal ini penting karena menyangkut kebersihan dan kesucian jemaah dari hadas atau najis sebelum beribadah.

Sementara berdasarkan data akhir Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sampai dengan pukul 17.00 waktu Arab Saudi atau malam waktu Indonesia, jumlah jemaah haji yang sudah berada di Mekah adalah 53 kloter atau 21.419 orang. Jumlah ini tersebar di 11 sektor di enam titik wilayah di Kota Mekah Al Mukarromah.