Sukses

Benny Mamoto: Ello dan Artis Lain Jadi Target Sindikat Narkoba

Pegiat antinarkoba Benny Mamoto berpendapat, baik Ello atau artis lain rentan terjerumus narkoba karena memang disasar para sindikat.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebulan terakhir, setidaknya empat artis telah ditangkap aparat hukum akibat penyalahgunaan narkoba. Sebut saja pemain sinetron Amarzoni, Pretty Asmara, Tora Sudiro, dan yang terakhir Marcello Tahitoe atau Ello.

Pegiat antinarkoba Benny Mamoto menyebut, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kalangan artis menjadi rentan mengonsumsi narkoba. Misalnya, menggunakan narkoba untuk meningkatkan rasa percaya diri.

"Orang yang tadinya bukan apa-apa jadi populer. Karena kurang percaya diri, jadi mereka pake ganja biar lebih pede," kata Benny Mamoto ketika dihubungi Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Faktor lain adalah jam kerja yang terlalu banyak sehingga membuat artis kelelahan. Narkoba mereka gunakan untuk membuat stamina tetap terjaga.

Selain itu, tingginya tingkat stres juga menjadi pemicu sejumlah artis menggunakan narkoba.

"Ada yang stres karena sudah tidak laku atau stres karena di-bully di media sosial," sebut mantan Deputi Bidang Pemberantasan Narkoba Badan Narkotika Nasional (BNN) itu.

Benny mengatakan, para artis yang terjerumus memakai narkoba umumnya karena mendapat pengaruh dari temannya.

"Stres membuat artis mencari pelarian yang salah seperti konsumsi narkoba. Itu biasa karena diajari temannya," ungkap Benny.

Dia menambahkan, banyaknya artis yang jadi penyalah guna narkotika juga karena profesi ini memang disasar sindikat pengedar narkotika. Alasannya, artis sebagai figur publik biasanya akan jadi panutan para penggemarnya.

"Artis itu jadi panutan. Tren anak muda akan ikuti artis mulai cara berpakaian, tempat makan, hingga hal-hal negatif juga mungkin ditiru," sebut Benny.

Makanya, dia mengimbau, agar masyarakat harus lebih selektif. Artinya, jangan sampai mengidolakan kelakuan negatif dari artis tersebut.

"Kalau kehidupan artisnya enggak benar jangan diikutin. Gemari itu suaranya kalau dia penyanyi atau aktingnya dalam bermain film," ucapnya.

Penyanyi Ello sendiri ditangkap jajaran Polres Jakarta Selatan karena kepemilikan satu paket ganja. 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.