Sukses

DPR Apresiasi Positif Kinerja Islandia Geo Survey

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan kesuksesan Islandia dalam mengembangkan sumber Panas Bumi adalah karena didukung oleh Pusat Penelitian berkelas dunia yang bergerak di bidang energi
Panas Bumi.

"Di Islandia, penelitian tentang Panas Bumi telah dimulai sejak tahun 1945 di bawah Instansi Pemerintah. Kini, Islandia Geo Survey melanjutkan penelitiannya sebagai lembaga negara independen," ujar Agus saat menyampaikan sambutannya dalam Kunjungan Muhibah ke Islandia meninjau Iceland Geo survey (ISOR), di Islandia, Rabu, (9/8).

Oleh karena itu, lanjut Agus, memiliki pusat penelitian yang hebat adalah kunci untuk memperbaiki pemahaman mengenai Panas Bumi serta dapat menurunkan tingkat risiko dalam kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemanfaatan.

Dia menambahkan, Pemerintah Indonesia tengah menjalankan program pengeboran Pemerintah dalam rangka membantu Indonesia mempercepat pengembangan Panas Bumi. Pada tahap awal, program ini berfokus pada kegiatan eksplorasi sampai dengan pengeboran eksplorasi yang kemudian data yang diperoleh dari kegiatan ini akan menjadi dasar dokumen tender Wilayah Panas Bumi (GWA).

"Kami yakin akan ada proses pembelajaran untuk semua institusi yang terlibat dalam program tersebut, seperti Direktorat Jenderal Konservasi Baru, Terbarukan dan Energi, Badan Geologi, dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Selain itu, Kami juga berharap, semua anggota yang terlibat dalam program ini akan menjadi ahli nasional yang terbentuk sebagai Pusat Riset Panas Bumi Indonesia kedepannya, serupa dengan ISOR pada periode 1970-1980,"papar Agus

Dia menambahkan, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk belajar bagaimana Pemerintah Islandia mengelola Pusat Penelitian dalam mengembangkan Panas Bumi dan memaksimalkan penggunaan energi Panas Bumi (langsung dan tidak langsung).

(*)

Artikel Selanjutnya
Jelang Tahun Politik, Menperin Airlangga Fokus Lakukan Ini
Artikel Selanjutnya
Penguatan Lembaga Legislatif Terus Dilakukan