Sukses

Intensitas Gempa Vulkanik Merapi Melonjak

Aktivitas gempa vulkanik tersebut lebih tinggi ketimbang Jumat dan Sabtu, dua hari sebelumnya. Berdasarkan laporan hasil pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, telah terjadi 31 kali gempa vulkanik pada Ahad ini.

Liputan6.com, Yogyakarta: Intensitas gempa vulkanik Gunung Merapi kembali meningkat terhitung pada Ahad (7/11), mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, berdasarkan laporan hasil pemantauan aktivitas dalam periode tersebut telah terjadi 31 kali gempa vulkanik.

Selain peningkatan intensitas gempa, Gunung Merapi juga masih terus meluncurkan awan panas. Luncuran beruntun tersebut terjadi pada pukul 03.02 WIB yang meluncur ke Kali Gendol dan Kali Woro. "Rentetan awan panas diawali dengan gempa vulkanik," kata Surono.

Suara gemuruh Gunung Merapi juga masih terdengar secara beruntun dari Kecamatan Kemalang dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, pada pukul 03.00-05.30 WIB. Sementara asap letusan setinggi enam kilometer berwarna kelabu condong ke arah barat terlihat dari Kecamatan Kemalang, Klaten, dan kilat terlihat dari Yogyakarta.(Antara/EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini