Sukses

Resmikan Museum Keris, Jokowi Janji Serahkan Koleksinya

Jokowi mengaku bahagia akhirnya meresmikan Museum Keris Nasional, karena pembangunan museum ini telah dimulai sekitar empat tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Museum Keris Nusantara di Solo, Jawa Tengah. Peresmian museum yang terletak di selatan Stadion Sriwedari Solo itu ditandai dengan pemotongan pita bunga oleh Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di atas batu marmer sebagai tanda diresmikan Museum Keris Nusantara. Jokowi mengaku bahagia akhirnya meresmikan Museum Keris Nasional, karena pembangunan museum ini telah dimulai sekitar empat tahun lalu.

"Alhamdulillah, Museum Keris yang kita nanti-nantikan akhirnya telah rampung dan kita resmikan pada hari ini," kata dia dalam sambutannya, Rabu (9/8/2017).

Dengan kehadiran Museum Keris Nasional, Jokowi berharap masyarakat bisa melihat perjalanan sejarah keris, tombak, pedang, dan lainnya, yang merupakan bagian dari warisan seni budaya Indonesia.

"Nanti kita bersama-sama bisa melihat perjalanan sejarah benda pusaka itu di museum ini," ujar dia.

Jokowi mengatakan, keris telah menjadi koleksi sejumlah pemimpin negara. Seperti saat berkunjung ke Turki, ia dipameri keris oleh Presiden Erdogan. Begitu juga saat berkunjung ke Rusia, Presiden Putin juga memamerkan koleksi kerisnya.

"Presiden Erdogan memamerkan keris yang cantik dari sini. Di Rusia, keris itu disimpan di ruangan khusus yang dimiliki Presiden Putin," kata dia.

Para pemimpin negara tersebut, kata Jokowi, menyimpan keris karena kagum dengan nilai filosofi-filosofi yang ada di keris. "Mereka menyimpan keris dari Tanah Air karena akan nilai filosofinya," ungkap dia.

Menyerahkan Koleksi Keris

Jokowi juga mengaku memiliki koleksi keris, dan akan diserahkan ke Museum Keris Nasional untuk disimpan dan dipamerkan.

"Saya sendiri memiliki banyak koleksi keris, tapi nanti yang saya berikan di museum ini, salah satunya yang diberikan oleh Perdana Menteri Belanda. Nanti akan saya bawa pas ke Solo," ujar dia.

Penyerahan keris koleksinya ini, kata Jokowi, karena ia tidak sanggup lagi merawat sendiri senjata khas Indonesia itu.

"Termasuk keris yang saya punya supaya disimpan di sini saja. Saya hibahkan dan biar dirawat oleh museum," Jokowi menandaskan.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.