Sukses

Banjir Lahar Dingin di Sungai Krasak

Banjir lahar dingin akibat hujan di puncak Merapi mengalir ke berbagai sungai. Sungai Krasak di Magelang dan Sungai Code di Yogyakarta tak luput dari aliran lahar yang berisi material vulkanik.

Liputan6.com, Magelang: Hujan yang mengguyur puncak Gunung Merapi membuat lahar dingin mengalir deras di Sungai Krasak Dusun Kaliputih, Desa Salam, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Sungai Code yang melintasi Yogyakarta pun tak luput dari aliran lahar dingin dan material lain dari Merapi yang berupa pasir dan batuan vulkanik.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun banjir lahar dingin membuat masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai itu cemas. Sebagian besar sisi sungai mengalami pendangkalan karena mengerasnya lahar dingin. Hujan yang terus mengguyur juga membuat ketinggian air semakin naik.

Meski kondisi lahar dingin sudah semakin mengkhawatirkan bila sewaktu-waktu meluap, namun belum ada instruksi dari pihak berwenang untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Warga yang berada di tepi sungai yang berhulu di Merapi baru dihimbau agar tetap waspada dengan aliran lahar dingin [baca: Waspadai Lahar Dingin Merapi].(MRQ/AYB)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.