Sukses

Gunung Merapi Masih Terus Erupsi

Gunung Merapi hingga pagi ini, Sabtu (6/11), masih terus erupsi dengan menyemburkan awan panas dan abu vulkanik.

Liputan6.com, Sleman: Gunung Merapi hingga pagi ini, Sabtu (6/11), masih terus erupsi dengan menyemburkan awan panas dan abu vulkanik. Hasil pantauan Pos pemantau aktifitas Gunung Merapi, meski relatif sudah menurun dari erupsi besar pada Jum'at dini hari kemarin, hingga kini sejumlah erupsi masih terjadi.

Hujan abu vulkanik pun masih terus terjadi dan menyelimuti sejumlah wilayah di Jawa Tengah, dan DIY Yogyakarta, bahkan dilaporkan abu vulkanik Merapi sudah mencapai Bandung, dan Sukabumi di Jawa Barat. Abu vulkanik yang mengandung silika dan dan senyawa kimia dapat membahayakan kesehatan.

Abu vulkanik dapat mengakibatkan iritasi kulit, mata (konjugtivitis), sesak napas, hingga kanker paru-paru. Inilah ancaman lain dari Gunung Merapi terhadap warga. Salah satu cara praktis untuk mengurangi efek abu vulkanik bagi kesehatan adalah dengan menggunakan masker. Masker pun harus secara rutin diganti saat akan keluar rumah.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini