Sukses

Aktivis Lingkungan di Jambi Gelar Aksi Terkait Pembakaran Hutan

Aksi pembakaran hutan di beberapa wilayah masih berlanjut, aktivis lingkungan di Jambi gelar aksi turun ke jalan.

Fokus, Jambi - Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau, Selasa siang, 8 Juli 2017, mengerahkan kekuatan penuh dalam pemadaman api yang membakar area hutan, dengan luas mendekati 1.000 hektare.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Rabu (9/8/2017), pemadaman api dilakukan salah satunya dengan penyiraman air dari udara (waterbombing). Operasi pemadaman berbiaya relatif mahal ini meliputi empat kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Dumai, Rokan Hilir, dan Kabupaten Siak.

Di Jambi, belasan aktivis lingkungan, Selasa siang, menggelar aksi turun ke jalan menuntut keseriusan pemerintah daerah mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Mereka mempertanyakan langkah penegakan hukum terhadap seorang petani, yang ditangkap karena membakar lahan 1 hektare, sedangkan ratusan hektare lahan yang dibakar pihak perusahaan malah tidak tersentuh hukum.

Menurut data mereka, terdapat sedikitnya 95 titik api di area yang dikuasai perusahaan swasta.

Terkait fakta di lapangan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mengaku terus memonitor dan mengapresiasi langkah-langkah pemerintah daerah.

Selain di Sumatera, menurut Menteri Siti, pemerintah pusat juga kini memberi perhatian serius terhadap kebakaran hutan dan lahan yang banyak terjadi di Kalimantan.