Sukses

MUI Godok Fatwa Vaksin Rubella

Dia mengatakan, Komisi Fatwa MUI memegang dua prinsip sebelum mengeluarkan fatwa terhadap vaksin tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah menggodok fatwa terkait vaksin rubella. Menurut Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan menguji vaksin tersebut.

"Ya kita sedang proses di komisi fatwa," kata Ma'ruf Amin di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Dia menuturkan, Kementerian Kesehatan tidak dapat menyebarluaskan suatu vaksin sebelum mendapat fatwa dari MUI.

"Biasanya kita berhubungan dulu dengan pihak Kemenkes. Kemenkes tidak boleh mengembangkan vaksin itu sebelum memperoleh fatwa MUI," ujar Ma'ruf.

Dia mengatakan, Komisi Fatwa MUI memegang dua prinsip sebelum mengeluarkan fatwa terhadap vaksin tertentu. Pertama fatwa halal bila teruji vaksin itu halal. Kedua, meski vaksi tidak halal, MUI memperbolehkan penggunaan bila dalam keadaan sangat darurat. Apalagi, ditujukan untuk kebutuhan penyelamatan generasi dan belum ada vaksin yang halal.

"MUI itu fatwanya ada dua, dia memang halal karena bahannya halal setelah diuji, yang kedua dia haram maka itu tidak boleh. Kecuali kalau vaksin itu sangat dibutuhkan masyarakat seperti vaksin polio, karena kalau tidak divaksin akan terjadi generasi berpenyakit polio yang membahayakan," Ma'ruf menandaskan.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Vaksin Rubella