Sukses

Kisah Pemilik Pitbull Hidup Rukun dengan Anjing Kesayangan

Seorang pemilik tidak boleh memperlakukan anjing peliharaannya dengan kekerasan.

Liputan6.com, Jakarta - Wajahnya sangar. Badannya besar dengan otot-otot menyembul. Belum lagi taring giginya membuat ngeri kala menganga. Suaranya menyalak lantang. Citra gahar ini selalu menerap pada anjing pitbull. Tapi apakah pitbull sebuas penggambaran dan penampakannya selama ini?

Di balik semua penampilannya, pitbull tidak segahar yang dipersepsikan orang.

"Berdasarkan pengalaman saya, pitbull adalah anjing yang sangat setia," kata Adithya Prawiraatmadja, salah seorang pemilik yang juga tergabung dalam komunitas Papilon Pitbull Club, Selasa (8/8/2017).

Goditgo bersama anjing Pitbull kesayangannya. (Istimewa)

Meski demikian, kepada Liputan6.com, Adit menambahkan, seorang pemilik pitbull tidak boleh melupakan sifat-sifat dasar hewan tersebut. "Mereka tetap hewan yang memiliki insting-insting dasar pada hewan," tutur dia.

Bagi Adit yang menamai anjingnya dengan Pita Suara, membesarkan seekor Pitbull dari usia 3 bulan punya tanggung jawab tersendiri. Sebab, Pitbull itu akan terbentuk karakternya sebagaimana pemilik mengasuh serta mendidiknya.

"Bagaimana perilaku anjing mencerminkan didikan sang owner kepada anjing tersebut," kata Adit.

Karyawan swasta yang berkantor di bilangan Senayan ini menuturkan, seorang pemilik tidak boleh memperlakukan anjing peliharaannya dengan kekerasan. Karena, sikap tersebut tentunya akan berdampak pada anjing tersebut.

"Kalau dengan kekerasan maka akan menimbulkan trauma. Tapi bagaimana memosisikan siapa di atas siapa, siapa di bawah siapa. Bagaimana mendidik anjing itu tetap disiplin tanpa mendominasi," ucap Adit.

Menurut Adit, ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum seseorang hendak memelihara pitbull.

Anak kesayangan Goditgo saat bermain bareng anjing Pitbull. (Istimewa)

"Dia harus mengetahui sifat dasar pitbull itu seperti apa, mengetahui tindakan pencegahan, serta sosialisasi terhadap lingkungan," ujar Adit.

Seorang pemilik pitbull juga harus memberikan porsi seimbang, kapan sang anjing berada di kandang dan jalan-jalan. Ini demi menjaga psikologi anjing tersebut.

"Masuk kandang dengan maksud mendisiplinkan, bukan punishment," kata dia.

Lalu, bagaimana posisi pitbull di tengah keluarga Anda?

"Dia belajar dikenalkan dengan keluarga, anjing merupakan bagian dari keluarga juga. Tidak ada treatment khusus, dibiasakan saja seiring waktu," kata Adit.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.