Sukses

Musim Haji, Pabrik Pakaian Ihram di Klaten Banjir Pesanan

Pihak pemesan pakain ihram tidak hanya di wilayah Klaten dan sekitar, tapi juga ke luar provinsi bahkan hingga ke luar Jawa.

Liputan6.com, Klaten - Menjelang musim haji, produsen pakaian ihram di Desa Janti, Klaten, Jawa Tengah, tak henti-hentinya menerima pesanan baju yang akan digunakan jemaah calon haji, khususnya laki-laki, saat menunaikan salah satu rukun haji.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Selasa (7/8/2017), belasan karyawan tampak sibuk memantau bagian pemintalan hingga proses produksi. Enam bulan terakhir merupakan waktu paling sibuk dibanding sebelumnya.

Pascaproduksi, pihak pabrik tidak berhubungan langsung dengan jemaah, tapi melalui biro-biro perjalanan haji dan umrah. Pihak pemesan tidak hanya di wilayah Klaten dan sekitar, melainkan juga ke luar provinsi bahkan hingga ke luar Jawa.

Pakaian ihram tidak hanya diproduksi menjelang musim haji saja. Hari biasa pun tetap ada karena pakaian ihram juga diperlukan jemaah laki-laki yang akan beribadah umrah di luar musim haji.

Meski sudah punya pelanggan tetap, pabrik ini tidak menjual pakaian ihram dengan harga mahal. Untuk satu setel dihargai mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 85 ribu. Ini tergantung berat dan kualitas kain.