Sukses

Jokowi Dinobatkan Jadi Pendekar Utama Persinas ASAD

Jokowi membuka Pasanggiri Nasional dan Kejuaraan Nasional Pencak Silat Persinas ASAD di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Lubang Buaya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Pasanggiri Nasional dan Kejuaraan Nasional Pencak Silat Persinas ASAD di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu, Jokowi juga dinobatkan sebagai Pendekar Utama Persinas ASAD.

Jokowi memang berpenampilan berbeda hari ini. Jokowi sudah siap dengan pakaian silat bernuansa hijau khas Persinas ASAD. Ikat kepala coklat juga sudah dikenakannya.

Sebelum acara dimulai, Jokowi mendapatkan gelar Pendekar Utama dan Warga Kehormatan Persinas ASAD. Ketua Umum Persinas ASAD Brigjen TNI (purn) Agus Susarso pun memasangkan sabuk merah dengan garis emas kepada Jokowi, sebagai tanda Pendekar Utama dan Warga Kehormatan Persinas ASAD.

Pada sambutannya, Jokowi berterima kasih kepada keluarga besar Persinas ASAD yang telah ikut menjaga, memelihara, merawat tradisi bela diri bangsa, yakni pencak silat. Hal ini harus terus dijaga agar karakter bangsa tidak hilang ditelan perkembangan zaman.

"Tanpa kesadaran kita untuk menjaga, untuk merawat seni tradisi pencak silat ini kita akan kehilangan sebuah karakter karena hampir semua negara juga miliki. Inilah sebuah karakter bangsa yang harus kita rawat dan harus kita jaga sama-sama," kata Jokowi di lokasi, Selasa (8/8/2017).

Jokowi ingat betul, 9 tahun lalu, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, dia juga membuka Kejurnas Persinas ASAD di Solo. Kali ini, dengan acara sama, tapi dengan status berbeda.

"Dan sekarang hari ini saya buka lagi tapi judulnya sudah ganti, bukan wali kota tapi Presiden. Jadi Presiden membuka Kejurnas Remaja Persinas ASAD di tahun 2017 ini," imbuh dia.

Jokowi menutup sambutan dengan membuka secara resmi Pasanggirinas dan Kejurnas Pencak Silat Persinas ASAD 2017. Peresmian ini dilakukan dengan pemukulan gong.

"Terakhir dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim secara resmi saya buka Pasanggiri Nasional dan Kejurnas Remaja Persinas ASAD 2017," ucap Jokowi.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.