Sukses

LAPAN: Gerhana Bulan Parsial Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia

Gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di tengah-tengah Matahari dan Bulan.

Liputan6.com, Jakarta Gerhana Bulan parsial atau sebagian akan menghiasi langit Indonesia pada Selasa dini hari, 8 Agustus 2017. Pemandangan langit yang langka ini bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi masyarakat yang bermukim di wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, gerhana bisa disaksikan mulai pukul 00.23 hingga 02.18 WIB.

Sementara bagi yang tinggal di zona waktu bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, gerhana akan dimulai pukul 01.23 hingga 03.18 Wita.

Lalu, bagi masyarakat yang bermukim di kawasan paling timur Indonesia seperti Papua dan Maluku, kejadian langka ini akan dijadwalkan mulai pukul 02.23 hingga 04.18 WIT.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan.

"Saat itulah purnama memasuki bayangan Bumi," kata Thomas kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Dia menambahkan, sebenarnya gerhana Bulan terjadi setiap tahun. Namun, tidak semua wilayah di dunia bisa menyaksikan fenomena ini. "Itu tergantung waktu kejadiannya," sebut Thomas.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.