by

Kontes Burung Murai di Serpong

  • Daerah
  • 0
  • 11 Mar 2002 04:47
Liputan6.com, Tangerang: Sekitar 1.500 burung jenis murai dilombakan dalam kontes memperebutkan sejumlah piala yang digelar di Serpong, Tangerang, Banten. Tapi berbeda dengan kontes burung perkutut, menurut penggemar burung, lomba burung murai batu, anis merah, cucak hijau, dan kenari, ini harus dalam suasana ramai. Itulah sebabnya, tak heran jika sorak sorai penonton nyaris menenggelamkan kicau ribuan burung tersebut. Demikian pemantauan SCTV di Tangerang, Banten, Ahad (10/3) pagi.

Kendati ramai, ratusan juri masih bisa memilih burung yang memiliki kicau terbaik. Selain suara kicau yang lantang dan indah, panitia menetapkan sejumlah kriteria lain, antara lain penampilan dan mental burung. Keindahan sangkar burung juga bagian dari penilaian.

Dilaporkan, 14 jenis burung turut ambil bagian dalam kontes yang dibagi dalam 32 kelas ini. Burung-burung pemula masuk dalam kategori Dewa Brata. Sementara burung yang memiliki jam terbang atau sudah sering dilombakan masuk dalam kategori Maha Dewa. Biasanya, burung-burung dari kategori Dewa Brata masih "malu" untuk berlomba.(ZAQ/Eva Yunizar dan Binsar Rahadian)
Comments
Sign in to post a comment