Sukses

Warga Karawang Pakai Air Kotor Untuk Mandi

Warga berharap pemerintah Kabupaten Karawang segera memberikan bantuan air bersih.

Liputan6.com, Karawang - Warga Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, terpaksa menggunakan air kotor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal itu sudah dilakukan warga dalam sebulan terakhir akibat kekeringan yang melanda.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Minggu (6/8/2017), mereka mencuci pakaian dan mandi di sungai yang airnya kotor. Bahkan, warga harus berjalan satu kilometer untuk sampai di sungai tersebut.

Menurut warga saat ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi daerahnya belum terjangkau air PAM. Sedangkan sumur warga sudah mengering. Bahkan, warga terpaksa membeli air isi ulang kepada pedagang keliling untuk minum.

Warga berharap pemerintah Kabupaten Karawang segera memberikan bantuan air bersih. Sebab, warga membutuhkan air bersih terutama untuk air minum.

Sementara di Serang, Banten, kekeringan yang melanda wilayah tersebut dimanfaatkan sebagian warga untuk berjualan air. Warga Desa Sawah Luhur, Kasemen, Arif mengaku sejak akhir Juni lalu dirinya berjualan air keliling.

Arif yang berprofesi sebagai tukang ojek itu memodifikasi motornya untuk mengangkut jerigen air. Setiap hari dia bisa menjual 50-70 jerigen air dengan harga Rp 3 ribu per jerigen.