Sukses

Teknik Unik untuk Samakan Gerakan Calon Paskibraka Nasional 2017

Tak mudah untuk menyamakan gerakan pada awal pelatihan calon Paskibraka Nasional 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Tak mudah untuk menyamakan gerakan pada awal pelatihan calon Paskibraka Nasional 2017. Namun kini, pelatih mempunyai teknik baru untuk menyamakan gerakan dan langkah calon Paskibraka 2017 saat latihan baris-berbaris.

Teknik baru itu dilakukan dengan menggunakan bambu yang diletakkan di depan tiga calon Paskibraka Nasional 2017.

"Tadi pagi saya sengaja buat teknik yang terbaru dengan menggunakan bambu. Artinya kita gunakan bambu tiga orang tiga orang kita coba. Saat kita melengang itu pas setinggi bambu yang saya buat, kakinya juga sama setinggi bambu biar sama-sama," kata Wakil Koordinator Pelatih Mayor Inf Suswan kepada Liputan6.com di PP-PON Cibubur Jakarta Timur, Sabtu, 5 Agustus 2017.

Suswan mengatakan teknik ini dirasa cukup efektif untuk menyamakan langkah mereka. Alhasil, saat berlatih bersama Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), gerakan mereka cukup baik.

"Ternyata saya coba menggunakan bambu itu begitu kita gerakan bersama-sama lebih bagus. Kalau memang (gerakan) tidak bagus, saya akan buat seperti itu. Tapi kalau memang (gerakan) itu bagus, tidak perlu," ujar Suswan.

Sementara pada hari terakhir calon Paskibraka 2017 berlatih bersama Paspampres, Suswan menilai gerakan mereka sudah mendekati bagus. Dia juga menuturkan siap melakukan latihan dengan Tim Gabungan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri yang dijadwalkan pada Senin, 7 Agustus 2017.

"Untuk latihan tadi yang terakhir dengan Pasmpamres menyamakan gerakan. Dengan Paspampres sudah mendekati bagus tapi belum bagus sekali. Untuk latgab (latihan gabungan) dengan pasukan-pasukan kami sudah siap," jelas Suswan.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.