Sukses

BPPTK Yogyakarta Panik?

Muntahan awan panas dari Gunung Merapi dengan intensitas cukup tinggi memicu ketegangan di Kantor BPPTK Yogyakarta. Mereka lantas memerintahkan petugas di sejumlah pos pengamatan untuk turun.

Liputan6.com, Yogyakarta: Muntahan awan panas dari Gunung Merapi dengan intensitas cukup tinggi memicu ketegangan di Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta. Mereka lantas memerintahkan petugas di sejumlah pos pengamatan untuk turun, Rabu (3/11).

Awan panas keluar sejak pukul 08.14 WIB. Disusul kemudian awan panas berikutnya. Tercatat hingga pukul 12.00 WIB keluar 38 awan panas dengan skala bervariasi. Kondisi terparah terjadi pada pukul 14.27 WIB. Lebih dari satu jam awan panas tak berhenti keluar dalam skala besar mengarah ke timur seperti Boyolali dan Solo, Jawa Tengah.

Belum ada keterangan resmi dari BPPTK Yogyakarta terkait peristiwa ini. Mereka masih disibukkan dengan kegiatan Merapi. Yang pasti, luncuran awan panas siang tadi lebih besar dan lama dibanding letusan pada 26 Oktober silam.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini