Sukses

Tak Ada Suara Dentuman Saat Merapi 'Beraksi'

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panasnya pada pukul 08.15 WIB. Namun 'amukan' Merapi kali ini tak disertai suara dentuman dan lava pijar.

Liputan6.com, Sleman: Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panasnya pada pukul 08.15 WIB. Namun 'amukan' Merapi kali ini tak disertai suara dentuman dan lava pijar. Tidak adanya letusan eksplosif ini diduga karena Merapi telah membentuk kubah lara baru.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK), Subandriyo, Rabu (3/11).

Menurut Subandriyo, Merapi diperkirakan telah membentuk kubah lava baru yang berbentuk tapal kuda. Kubah baru itu pun menjadi puncak aktivitas Merapi. Dengan terbentuknya kubah lava itu, Merapi tidak akan mengeluarkan letusan yang cukup besar akibat dipengaruhi aktivitas magma di perut Merapi.

Semburan awan panas kali ini disertai abu vulkanik yang mengarah ke barat ke Magelang. Sementara angin yang bertiup kencang menyebabkan awan panas mengarah ke Kali Adem.

Sementara, berdasarkan informasi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi ini bertolak menuju posko di Pakem, Sleman, Yogyakarta. SBY sekitar pukul 08.30 WIB menyempatkan diri mengunjungi dan berbincang dengan pengungsi di Purwobinangun, Yogyakarta. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini