Sukses

Gerakan Buang Sampah Digelar di Barak Pengungsian

Palang Merah Indonesia menggelar gerakan buang sampah pada tempatnya di lima barak pengungsian agar kebersihan dan kesehatan selalu terjaga.

Liputan6.com, Jakarta: Berbagai permasalahan mulai muncul di barak pengungsian korban letusan Gunung Merapi. Seperti masalah kesehatan dan kebersihan di barak pengungsian. Untuk mengatasinya, Palang Merah Indonesia menggelar gerakan buang sampah pada tempatnya sehingga kebersihan di barak pengungsian tetap terjaga.

"Gerakan kebersihan ini ditujukan untuk menjaga kondisi warga itu sendiri supaya menjaga lingkungan pengungsian, karena selama Merapi belum normal barak pengungsian inilah rumah mereka. Apabila warga yang ada di situ tidak menjaga kebersihan lalu siapa lagi," kata Koordinator Pelayanan Kesehatan PMI Kabupaten Sleman, drg. Erla Asmalasari, seperti yang dilansir dalam rilis PMI yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Rabu (3/11).

Menurut Erla, promosi kesehatan dengan penyuluhan dan gerakan buang sampah itu dilakukan di lima barak pengungsian, yakni di Barak Wonokerto, Wukirsari, Candibinangun, Kepuh Harjo, dan Glagah Harjo. "Kedepannya akan dilaksanakan untuk semua barak pengungsian yang ada," jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, PMI akan mendistribusikan dan memasang tiga tenda di setiap barak pengungsian serta akan membagikan tempat sampah. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini