Sukses

Banjir Rendam Empat Kecamatan

Banjir di Kabupaten Banjar, Kalsel, merendam ribuan rumah di empat kecamatan. Sementara di Serang, Banten, ratusan hektare tanaman padi terendam banjir.

Liputan6.com, Banjir: Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (2/11), dilanda banjir setelah diguyur hujan deras selama seharian. Dari 10 kecamatan, empat di antaranya terendam banjir. Banjir merendam ribuan rumah di Kecamatan Pengaron, Simpang Empat, Matraman, dan Astambul.

Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Pengaron dan Astambul karena banjir juga memutuskan lima jalan desa. Ketinggian air di sejumlah ruas jalan mencapai 50 sentimeter hingga satu meter. Akibatnya warga yang hendak menuju Martapura harus menggunakan rakit bambu yang harus disewa.

Melihat hujan yang terus berlangsung, sebagian warga mulai berkemas dan memindahkan harta benda mereka ke lokasi yang lebih tinggi. Apalagi, banjir ini merupakan kali kesekian sejak Oktober lalu.

Banjir juga melanda wilayah Serang, Banten, usai diguyur hujan dalam dua hari terakhir. Ratusan hektare tanaman padi berumur  satu hingga dua pekan di tiga kecamatan. Padahal, Kecamatan Cikeusal, Petir, serta Tunjung Teja merupakan sentra beras untuk wilayah Kota dan Kabupaten Serang.

Para petani berupaya membuat saluran pembuangan air agar tanaman padi mereka tak tergenang. Karena padi terendam, para petani menderita kerugian hingga jutaan rupiah.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.