Sukses

Visa Belum Terbit, Belasan Jemaah Haji Belum Berangkat ke Tanah Suci

Di saat ribuan jemaah calon haji Indonesia siap-siap berangkat ke Tanah Suci, ada sejumlah jemaah yang gagal berangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan jemaah calon haji asal Temanggung-Jawa Tengah sedang bersiap-siap memeriksakan visa mereka ke petugas imigrasi di Asrama Haji Donohudan-Solo, Jawa Tengah. Ini adalah pemeriksaan terakhir sebelum mereka meninggalkan Tanah Air menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Rabu (2/8/2017), tidak semua jemaah calon haji asal Temanggung yang sudah terdaftar bisa berangkat. Ada 11 jemaah belum bisa diberangkatkan karena visa haji mereka belum diterbitkan pihak Kedutaan Besar Arab Saudi.

Meski demikian, pihak Embarkasi Donohudan akan terus memantau pengurusan visa dan diupayakan bisa berangkat jika visa dinyatakan selesai.

Di Garut-Jawa Barat, 104 jemaah calon haji diberangkatkan dengan bus menuju asrama haji Bekasi, Rabu siang ini. Mereka adalah bagian 912 jemaah yang tahun ini menunaikan rukun Islam kelima. Keberangkatan mereka pun dilepas sanak saudara dan kerabat dengan penuh haru.

Namun, tidak semua jemaah yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai calon haji bisa diberangkatkan. Sebanyak 15 yang tertunda keberangkatannya. Selain sakit, meninggal dunia, dan dalam kondisi hamil, tiga jemaah di antaranya gagal berangkat karena bercerai dengan pasangannya.