Sukses

Istana Berkilau Jelang Dzikir Kebangsaan

Para jemaah yang sudah hadir tampak menjadikan kilauan Istana sebagai latar belakang foto.

Liputan6.com, Jakarta - Istana Kepresidenan menggelar Dzikir Kebangsaan bertajuk Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan. Acara ini diselenggarakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Ada yang berbeda dari tampilan Istana Merdeka. Gedung Istana tampak berkilau, jelang penyelenggaraan Zikir Kebangsaan ini.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (1/8/2017), dinding Istana dihiasi lampu warna warni. Lampu itu bergantian warna biru, ungu, kuning, dan merah.

Kilauan lampu tampak jelas, bahkan dari Jalan Medan Merdeka Utara. Para jemaah yang sudah hadir tampak menjadikan kilauan Istana sebagai latar belakang foto.

Para jemaah yang diundang secara khusus itu sudah memasuki Istana sejak pukul 17.15 WIB. Sebagian dari mereka menempati karpet hijau seluas 1.000 meter persegi yang sudah terbentang. Sebagian lain menikmati makanan yang disediakan.

Ribuan jemaah kemudian melaksanakan salat magrib berjamaah. Para jemaah yang datang dari pondok pesantren dan masyarakat di beberapa wilayah Indonesia ini dihibur penampilan dari grup nasyid Snada.

Zikir Kebangsaan memang baru dimulai pada pukul 19.30 WIB. Namun, hingga pukul 18.33 WIB para menteri kabinet kerja ataupun pejabat lainnya belum terlihat.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengatakan, Zikir Kebangsaan dilaksanakan dalam rangka membuka Bulan Kemerdekaan memperingati HUT ke-72 RI. Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga dipastikan hadir dalam acara ini.

"Jemaah lebih banyak dari pondok pesantren, ulama-ulama dari pondok pesantren juga nanti ikut mengisi zikir," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.