Sukses

Tak Lagi Ditangguhkan, Dana Pramuka Segera Cair

Polemik dana Pramuka yang sempat ditangguhkan akhirnya berakhir

Liputan6.com, Jakarta - Polemik dana Pramuka yang sempat ditangguhkan berakhir. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan, masalah dana pramuka sudah selesai.

"Sudah enggak ada masalah, Pak Menteri sudah ngomong Jumat lalu," ujar Sekretaris Menpora  Gatot S Dewabroto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (1/8/2017).

Gatot menyatakan, dana pramuka saat ini dalam proses pencairan. "On progress," kata dia.

Gatot juga menyebut, tidak ada pemanggilan terhadap Adhyaksa Dault selaku Ketua Kwarnas Pramuka, untuk klarifikasi terkait kehadirannya di acara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Enggak, enggak ada itu (pemanggilan)," ujar dia.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengatakan, pembekuan bantuan untuk Pramuka akan terus dilakukan sampai ada penjelasan resmi dari Adhyaksa.

"Pemerintah telah mengambil keputusan. OKP, Ormas yang biasa dibantu pendanaan oleh Kemenpora, tidak akan membantu lagi. Mungkin salah satu yang sempat mengemuka di DPR tentang pramuka. Kalau sekarang masih kami pending bantuannya, sampai betul-betul ada klarifikasi, ada penjelasan," kata Imam di kantor DPP PKB, Jakarta, Minggu 23 Juli 2017.

Kebijakan itu pun mendapat reaksi keras dari Adhyaksa. Dia menilai, langkah Menpora terlalu berlebihan. Sebab, ihwal kedatangannya di acara HTI pada 2013 lalu sudah diklarifikasi secara jelas dan terbuka.

Bahkan, mantan Menpora di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu telah mengklarifikasi langsung kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan, Wapres Jusuf Kalla, hingga Presiden Jokowi.  

"Ke Wapres, ke BIN, bahkan ke Presiden sudah, terus mau gimana lagi?" ujar Adhyaksa saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juli 2017.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.