Sukses

Kabareskrim: Kelangkaan Garam Bukan Karena Penimbunan

Keterlambatan impor, kata Ari, juga menjadi faktor lain penyebab kelangkaan garam di Tanah Air belakangan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memastikan kelangkaan garam saat ini bukan karena adanya penimbunan garam. Pihaknya masih mendalami kelangkaan bumbu masak ini.

"Enggak ada (penimbunan) sama sekali," kata Ari di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Menurut Ari, dari hasil penelusuran sementara yang dilakukan jajarannya, kelangkaan garam karena faktor cuaca. Sehingga para petani tidak bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Keterlambatan impor, kata Ari, juga menjadi faktor lain penyebab kelangkaan garam di Tanah Air belakangan ini.

"Tapi minggu ini sudah ada, kok. Kurangnya sudah dihitung, kurangnya berapa dibatasi impornya berapa. Supaya enggak mengganggu harga garam rakyat. Maksudnya kan semua buat keadilan dan jangan sampai masyarakat kesulitan," ujar mantan Kapolda Sulawesi Tengah itu.

Kelangkaan garam di Tanah Air baru-baru ini membuat masyarakat resah. Akibat kelangkaan ini harga garam naik menjadi dua kali lipat dari harga biasanya. Industri yang berbahan pokok garam juga menjerit akibat kelangkaan garam.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.