Sukses

Omzet Pedagang Oleh-Oleh Haji di Yogyakarta Naik 10 Kali Lipat

Jika biasanya omzet pedagang sebesar Rp 1 juta, kini bisa mencapai Rp 10 juta saat musim haji tiba.

Liputan6.com, Yogyakarta - Musim haji mendatangkan berkah bagi para pedagang oleh-oleh haji di Yogyakarta, Jawa Tengah. Belum berangkat ke Tanah Suci, para calon haji sudah menyerbu tempat-tempat penjualan oleh-oleh haji.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (31/7/2017), sejumlah barang asal tanah suci sengaja dipesan untuk dibagikan kepada kerabat dan tetangga sepulang dari Mekah, Arab Saudi nanti. Seperti sajadah, kopiah, air zam-zam, kismis, kacang arab, dan sebagainya.

Selain supaya tidak repot, saat ini ada pembatasan barang bawaan oleh-oleh haji dari Tanah Suci, terutama oleh-oleh berupa air zam zam.

Tak ayal meski musim haji baru saja dimulai, para pedagang oleh-oleh haji di Yogyakarta mengalami kenaikan omzet penjualan hingga sepuluh kali lipat dibanding biasanya. Jika biasanya omzet pedagang sebesar Rp 1 juta, kini bisa mencapai Rp 10 juta.

Sementara itu, bagi para pembeli, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan di Tanah Suci dan bisa langsung diantar sampai ke rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.