Sukses

Panglima TNI Ingatkan Peran Ulama dalam Perumusan Pancasila

Dalam suatu kesempatan di Solo, Jawa Tengah, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, memberikan ceramah kebangsaan.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, memberikan ceramah kebangsaan di Gedung Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) Solo, Jawa Tengah, Minggu 30 Juli. Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyerukan seluruh umat Islam untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan dasar negara Pancasila.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (31/7/2017), di hadapan ribuan jemaah, Gatot memberikan ceramah terkait wawasan kebangsaan. Dengan tema 'Tantangan dan Peluang Menjadi Bangsa Pemenang dalam Kompetisi Global', Panglima TNI mengimbau umat Islam untuk tidak terpecah belah.

Kuncinya, menurut Gatot, adalah Pancasila yang sejarah penyusunannya juga dirumuskan para ulama dengan mengadopsi pada Piagam Madinah. Jenderal Gatot Nurmantyo juga mengingatkan sebagai generasi penikmat kemerdekaan memiliki tugas untuk memelihara, menjaga dengan tidak mengkhianati para ulama.

Dengan 17.000 lebih pulau yang dihuni sekitar 714 suku, Indonesia akan tetap damai jika penduduknya hidup rukun. Untuk itu menurut Panglima TNI, kunci keberhasilan tersebut hanya satu, yakni dengan menjaga kebinekaan dan kemajemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.